Untuk mendorong core
values secara masif, Pemerintah melalui Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyelenggarakan kegiatan
ASN Culture Fest 2022 yang diikuti oleh 93 instansi. ASN Culture Fest merupakan
pameran virtual dan coaching clinic yang
pada tahun ini mengusung tema “Spirit and Energy for Transformation”.
Nilai dasar
atau core
values bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni ASN
BerAKHLAK telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 bersamaan
dengan peluncuran employer branding “Bangga Melayani Bangsa”. BerAKHLAK sendiri
merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis,
Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
Kementerian
Koordinator Bidang Perekonomian juga turut berpartisipasi dalam ASN Culture
Fest 2022 dengan menyelenggarakan talkshow bertema “Peran ASN Kemenko
Perekonomian dalam Menjaga Resiliensi Ekonomi Indonesia” pada Senin 16 Januari
2023. Digelar di studio EkonIcon, mini studio milik Kemenko Perekonomian,
talkshow tersebut menghadirkan empat narasumber dari ASN Kemenko Perekonomian
yang telah menunjukkan kapasitasnya dengan sangat baik dalam mendukung nilai
dasar ASN BerAKHLAK.
Dalam
talkshow yang dimoderatori oleh Analis Kebijakan Madya Kemenko Perekonomian
Tasya Pauline tersebut, disampaikan berbagai materi yang terkait dengan
tugas-tugas yang dilaksanakan oleh Kemenko Perekonomian. Peran penting ekonomi
digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, upaya mendorong rasio
kewirausahaan melalui mekanisme pembiayaan yang mudah dan murah, upaya mengawal
perekonomian dalam masa pandemi Covid-19, hingga peran komunikasi publik yang
sangat penting dalam era saat ini dibahas secara lugas dan tuntas.
Dalam
talkshow tersebut terungkap bahwa akselerasi transformasi digital merupakan
kunci membuka potensi daya saing untuk pembangunan jangka panjang,
memberdayakan masyarakat juga bisnis, sehingga bisa menarik peluang pasar baru
di dunia paska pandemi. Selain itu, juga dijelaskan mengenai sosialisasi KUR ke
kalangan mahasiswa serta upaya memperkuat KUR Klaster yang juga melibatkan
generasi milenial dalam mendorong peran wirausahawan muda.
Wujud
loyalitas sebagai ASN Kemenko Perekonomian dengan mendorong kesadaran bahwa
kebijakan yang dikoordinasikan Kemenko Perekonomian dalam mengawal pandemi
Covid-19 itu berdampak langsung dan luas kepada masyarakat, terutama dari sisi
aktivitas ekonomi untuk menjaga daya beli di masa pandemi, turut dijelaskan
dalam kesempatan tersebut.
Selanjutnya
juga disampaikan bahwa untuk menyampaikan komunikasi ke publik atas kebijakan
atau program dari suatu instansi tidak hanya menjadi peran unit kerja hubungan
masyarakat saja, namun juga melekat kepada semua insan yang ada di dalamnya dan
menjadi representasi langsung dari citra instansi tersebut.
Hadir
menjadi narasumber dalam talkshow tersebut yakni Staf Ahli Bidang Transformasi
Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Rizal Edwin; Asisten Deputi Pasar
Modal dan Lembaga Keuangan Gede Edy Prasetya; Kepala Biro Komunikasi, Layanan
Informasi, dan Persidangan Haryo Limanseto; dan Staf Ahli Bidang Pembangunan
Daerah Ferry Irawan.